25 Oktober 2019

Penerapan Nilai Dasa Dharma SMK LPPM RI 2 Kedungreja



Era globalisasi sekarang ini telah membawa dampak yang sangat besar di belahan bumi manapun, tak terkecuali di negara Indonesia. Dampak yang ditimbulkan dari era globalsasi dan kemajuan teknologi tersebut tidak hanya dampak yang positif saja, melainkan juga banyak dampak negatif yang telah ditimbulkan, diantara dampak negatif yang ditimbulkan dari era globalisasi yaitu sering ditemuinya degradasi nilai atau moral yang terjadi sekarang ini. Hal tersebut disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan nilai-nilai moral yang ada dalam kehidupan sehari-hari, terutama rendahnya kesadaran akan nilai-nilai moral ini tercermin dalam kehidupan sehari-hari pada kalangan pemuda yang sudah melupakan nilai-nilai moral bangsa yang luhur, yang ada sejak zaman dahulu kala yang telah menjadi suatu karakteristik bangsa Indonesia yang telah dikenal oleh bangsa-bangsa lain di dunia ini. Dimana karakteristik bangsa Indonesia yang telah dikenal oleh bangsa-bangsa lain di dunia ini, bahwa bangsa Indonesia memiliki karakter yang berbeda dari bangsa-bangsa lain di dunia ini, diantaranya karakteristik bangsa Indonesia yaitu bahwa bangsa Indonesia memiliki karakter kepahlawanan, nasionalisme, sifat heroik, semangat kerja keras, pantang menyerah dan berani menghadapi segala tantangan. Karakter yang luhur itulah yang saat ini banyak ditinggalkan dan dilupakan oleh masyarakat Indonesia, terutama pada kalangan pemuda yang sudah tidak lagi mengenal karakter-karakter luhur bangsa yang sudah dikenal sejak dahulu kala. Maka dari itulah pentingnya penanaman pendidikan karakter bagi generasi muda bangsa Indonesia, dikarenakan generasi muda bangsa Indonesia inilah yang akan membawa perubahan dan kemajuan bagi bangsa Indonesia. Penanaman pendidikan karakter di dunia pendidikan sekarang ini serasa lebih tepat, apabila penanaman pendidikan karakter tersebut disalurkan melalui kegiatan-kegiatan ekstra kulikuler, seperti kegiatan ekstra kulikuler pramuka, dimana nantinya siswa akan dididik untuk menjadi insan-insan yang memiliki jiwa-jiwa nasionalisme dan kepribadian yang luhur sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat dalam dasa darma pramuka. Dikarenakan isi dan makna yang terdapat di dalam dasa darma pramuka merupakan ketentuan-ketentuan moral yang harus dilaksanakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Nilai karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Dasa Dharma yang coba diterapkan dalam kepramukaan di SMK LPPM RI 2 Kedungreja yaitu
1.    Nilai religuis, dimana nilai religious tersebut merupakan pengamalan Dasa Dharma yang perta yaitu Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nilai religious yang ingin ditekan taat beribadah, mengamalkan ajaran agama dan kepercayaan yang diyakininnya, serta menghormati agama dan kepercayaan orang lain.
2.     Nilai kejujuran.
Nilai karakter jujur ini merupakan bentuk pengamalan dari Dasa Dharma Pramuka yang ke delapan yaitu Disiplin, Berani dan Setia, yang memiliki makna dbahwa dapat menerima kritik dari orang lain, serta berani mengeluarkan pendapatnya dengan tertib, sopan dan santun kepada orang-orang di sekitarnya.
3.     Nilai Toleransi
Nilai toleransi ini merupakan bentuk pengamalan dari Dasa Dharma Pramuka yang pertama yaitu Takwa Kepada Tuhan YME. Nilai toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tidakan orang lain yang berbeda dari dirinya secara sadar dan terbuka, serta dapat hidup tenang ditengah perbedaan tersebut;
4.    Nilai disiplin
Nilai kedisiplinan merupakan pengamalan dari dasa dharma pramuka yang ke delapan yaitu Disiplin, Berani dan Setia. Nilai disiplin merupakan nilai kepatuhan terhadap peraturan yang sudah ditetapkan demi terciptanya kebaikan dimasa yang mendatang.
5.    Nilai Kerja Keras
Nilai karakter ini merupakan bentuk pengamalan dari Dasa Dharma Pramuka yang ke enam yaitu Rajin, Terampil dan Gembira . Nilai kerja keras yaitu kita harus bekerja lebih banyak daripada orang lain, lebih produktif, dan menghasilkan lebih banyak daripada orang lain. 
6.     Nilai kretif
Nilai kreatif merupakan mengamalan Dasa Dharma ke enam, Rajin Trampil dan Gembira. Menciptakan hal-hal kreatif yang belum pernah ada dengan memanfaatkan sesuatu yang sudah tidak digunakan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.
7.     Nilai Demokrasi
Nilai demokrasi meruakan mengamalan Dasa Dharma yang ke Sembilan, yaitu Bertanggungjawab dan dapat dipercaya. Demokrasi mewujudkan nilai-nilai menghargai berbagai pendapat, kritik dan saran tanpa membedakan suku, agama, dan ras.

Nilai yang ada di dalam pramuka merupakan nilai yang memiliki arti yang mendalam. Hendaknya kita bisa menjalankan apa yang tersirat di dalamnya supaya tercipta kehidupan yang harmonis, tentram dan sejahtera.
Semoga bermanfaat……………. SALAM PRAMUKA!!

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Cari Blog Ini

Translate

Follow Us