19 November 2020

PRAMUKA DARING

Pramukaan online


Hallo!!! Adek-adek sekalian. Bertemu lagi dengan kami di pramukaan online !
Semoga kalian tetap dalam lindungan Allah SWT dan dalam keadaan sehat :) 


Kali ini kita akan belajar materi "SANDI"


A. Pengertian Sandi
Kata " Sandi" Berasal dari Sansakerta yaitu "Sandhi" yang artinya rahasia;menyembunyikan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia kata persandian yang berasal dari kata dasar sandi adalah rahasia atau kode; definisi sinonimnya dalam bahasa Inggris cryptography, yang berarti pengetahuan, studi, atau seni tentang tulisan rahasia.

Huruf/kata sandi sulit dimengerti,kecuali kalau kita mengetahui kunci atau cara memecehkannya asal mula sandi ini berasal dari para pahlawan jaman dulu yang suka berkelana dan suka berpindah-pindah tempat tinggal, untuk itu mereka harus memiliki kata sandi dan bisa menggunakannya. 
Berbagai bentuk sandi untuk mengolah atau mengetahui lawan atau musuhnya

B. Fungsi Sandi
Sandi dalam kegiatan pramuka memang sangat sering digunakan terlebih lagi jika ingin atau tengah melakukan kegiatan rutin kepramukaan, hicking, camping, atau yang lainnya. Tujuannya untuk melatih para penggerak pramuka untuk membangun kerjasama, melatih ketelitian hingga memecahkan masalah yang dihadapi.

Selain itu, sandi ini yang fungsinya untuk mengkode suatu kata, dapat kalian gunakan dalam kegiatan atau dalam kehidupan sehari-hari sekedar untuk bermain pesan rahasia bersama teman.

C. MACAM-MACAM SANDI
1. Sandi Kotak


2. Sandi AND
Untuk memecahkan sandi AND ini sangatlah mudah, kita hanya perlu menghapus kata ‘AND’ yang terdapat dalam setiap kata yang ada


3. Sandi Angka


TUGAS
-Silahkan kerjakan dibuku tulis masing-masing dan dikirim kepada kaka pemateri
-Catatan akan kita cek saat pertemuan secara tatap muka. 
-Mohon  lengkapi catatan buku materi pramuka kalian






0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Cari Blog Ini

Translate

Follow Us