05 November 2020

PRAMUKA DARING


Pramukaan online
WOSM (World organization of the scout movement) 

Hallo!!! Adek-adek sekalian. Bertemu lagi dengan kami di pramukaan online !
Semoga kalian tetap dalam lindungan Allah SWT dan dalam keadaan sehat :) 


Kali ini kita akan belajar materi WOSM 

1. Pengertian WOSM 

    WOSM  (World organization of the scout movement) 
Adalah organisasi internasional yang mengorganisir organisasi - organisasi Kepanduan yang ada di negara-negara seluruh dunia, Anggotanya sekitar 31 juta orang . WOSM didirikan pada tahun 1920 dan berkantor pusat di Tokyo Genewa Swithzenand. WOSM bekerja sama dengan organisasi serupa untuk kelompok wanita yaitu The World Association Of Girl Guindes and Girld Scout (WAGGS) . Misi dari WOSM adalah memiliki kontribusi terhadap pendidikan dan pembinaan generasi muda melalui sistem yang berdasarkan pada janji dan darma pandu untuk membantu membangun dunia yang lebih baik, menjadi individu yang mandiri dan berperan positif dalam masyarakat. 
 
WOSM pengorganisasian dibagi kedalam regional - regional dan dioperasikan dengan konferensi, komite, dan biro. World Scout Conference (WSC) atau konferensi kepanduan yang bertemu setiap 3 tahun sekali. WSC adalah majelis Umum yang dihadiri 6 orang delegasi dari setiap organisasi anggota WOSM. Jika sebuah negara memiliki organisasi lebih dari satu dapat dibentuk dari sebuah federasi untuk membentuk perwakilan pada konferensi ini semua rencana kegiatan yang mendasar dibahas tuntas untuk dilaksanakan dengan seksama. The World Scout Comitte atau komite kepanduan sedunia adalah Lembaga Eksekutif dari WSC yang terbentuk dari delegasi-delegasi yang terpilih. Komite bertanggungjawab pada implementasi dari resolusi yang dihasilkan pada konferensi anggota-anggota komite bertemu 2 kali dalam 1 tahun biasanya Genewa swiss komite dipimpin seorang ketua (Chairman), 2 wakil ketua (vice chairman) dan seorang sekretaris jenderal.

2. Arti Kiasan dalam WOSM 

WOSM memiliki arti kiasan sebagai berikut:
•Kompas : Melambangkan suatu peringatan bagi Pandu / Pramuka agar selalu kebenaran dan tidak dapat dipercaya seperti fungsi kompas, serta tetap menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.
•Treefoil / Bunga dengan Tiga Ujung : Melambangkan tiga janji Pandu / Scout Promise / Trisatya.
•Dua Bintang : Melambangkan anggota Pandu / Pramuka berupaya untuk memberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
•Tali melingkar DENGAN Ujung membentuk Simpul mati : melambangkan bahwa Sesama Pandu / Pramuka mengadakan Hubungan persahabatan Dan Persaudaraan antar Pramuka di Seluruh Dunia.
•Warna Putih melambangkan jiwa yang berhati suci.
•Warna dasar melambngkan bahwa Pandu / Pramuka memiliki ketrampilan kepemimpinan dan suka menolong orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Cari Blog Ini

Translate

Follow Us