15 Oktober 2020

PRAMUKA DARING

Pramukaan online, 15-oktober-2020

Hallo!!! Adek-adek sekalian. Bertemu lagi dengan kami di pramukaan online !


Kali ini kita akan belajar tentang sejarah Pramuka di Indonesia🇮🇩 dan di dunia 🌏


1. Sejarah singkat pramuka didunia

Lord Boden Powell
Bapak Pandu Dunia

Karena diperlukannya suatu organisasi untuk menampung dan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan prestasi generasi muda, maka di negara Inggris bernama Robert Step Henson Smith (nama kecilnya). Mendirikan sebuah organisasi yang disebut Pramuka. Robert Step Henson Smith di lahirkan di London, pada tanggal 22 Februari 1857.

Pada tahun 1912 beliau menikah dengan Alves Sceines, dan beliau meninggal pada tanggal 8 januari 1941 di Kenya (Afrika).

Pada tahun 1908 beliau mengarang buku yang berjudul:
•Scout For Boy (Pramuka untuk laki²)
•Girl Guindes (Pramuka untuk perempuan)

Scout for Boys lebih menekankan tentang bagaimana menjadi seorang pramuka atau pandu yang hidup di alam bebas dan cermat peringatan alam sekitar. Baden-Powell menambahkan pula hal-hal baru: Sumpah Pramuka, Aturan Pramuka, dan aneka permainan untuk pramuka.

Pada tahun 1916 beliau dibantu oleh adiknya yang bernama Agnes , mendirikan Siaga yang bernama CUB (anak serigala) dengan buku pedoman berjudul The Jungle Book (Buku anak didikan rimba).

Pada tahun 1920 Rubiyard Keeping, mendirikan Pramuka Penegak yang pertama kali "Power Scout" yang mengadakan Jambore pertama kali di olimpiade yang diikuti oleh 27 negara dan pada tahun tersebut beliau di beri julukan sebagai "Bapak Pandu Dunia". Pada tahun 1922 beliau menerbitkan buku yang berjudul " Refering To Succes" yang artinya "Mangembara Bahagia".

2. Sejarah singkat Pramuka di Dunia
Sri Sultan Hamengkubuwana IX
Bapak Pramuka Indonesia

Pramuka atau Praja Muda Karana merupakan sebuah kegiatan pendidikan non-formal untuk pengembangan skill dan pembentukan karakter. Sejarah pramuka dunia sudah dimulai sejak awal abad 20. Sementara sejarah pramuka di Indonesia baru mulai diresmikan pada tahun 1961.

Sejarah gerakan pramuka di Indonesia dimulai sejak tahun 1912. Cikal bakal pramuka Indonesia adalah didirikannya organisasi Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) bentukan Belanda. Kemudian pada tahun 1916, organisasi tersebut berganti nama menjadi Nederlands-Indische Padviders Vereeniging (NIPV).

Pada tahun 1916, dibentuklah organisasi kepemudaan bentukan bangsa Indonesia bernama Javaansche Padviders Organisatie yang diprakarsai oleh S.P. Mangkunegara VII. Usai peristiwa Sumpah Pemuda, kian banyak organisasi kepanduan yang dibentuk, baik bernafaskan nasionalis atau keagamaan.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dibentuklah organisasi Pandu Rakyat Indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 di Kota Solo. Organisasi ini ditetapkan sebagai satu-satunya wadah kepanduan tempat anggota kepanduan Indonesia bernaung.

Menginjak tahun 1961, telah ada sekitar 100 organisasi kepanduan Indonesia. Organisasi tersebut tergabung dalam 3 federasi organisasi yaitu Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO), Persatuan Pandu Puteri Indonesia (POPPINDO), dan Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia (PKPI). Namun, menyikapi kelemahan yang ada, maka ketiga federasi tersebut bergabung menjadi satu membentuk Persatuan Kepanduan Indonesia (PERKINDO).

Pada tanggal 14 Agustus 1961, secara resmi gerakan Pramuka diperkenalkan ke seluruh rakyat Indonesia. Tidak hanya di Jakarta, namun juga ditempat penting seluruh Indonesia. Di Ibu Kota Jakarta, terdapat apel besar yang diikuti oleh 10.000 anggota Gerakan Pramuka yang dilanjutkan dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta. Peristiwa perkenalan yang terjadi pada tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Pramuka yang setiap tahun diperingati oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka se-Indonesia.

3. Contoh gambar penerapan trisatya dan dasadharma

patuh dan suka bermusyawarah


•cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

•Bertanggungjawab




0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Cari Blog Ini

Translate

Follow Us